5 Industri Terbaik Untuk Investasi 2021

Berikut data 5 industri terbaik untuk investasi yang penulis dapatkan:

Sektor IndustriKenaikan
Kimia525%
Pertanian509%
Elektronik273%
IT186%
Pertambangan129%
  1. Kimia

Industri kimia menempati urutan teratas dengan perolehan 525% selama 5 tahun terakhir. Industri kimia dibagi lagi menjadi berbagai macam seperti industri kimia barang konsumsi seperti sabun dan deterjen, industri kimia khusus seperti cat dan pewaran tekstil, industri petrokimia seperti minyak dan gas, dan juga industri kimia tidak organik yang biasanya digunakan untuk produksi atau pertanian sebagai fertilizer. Beberapa saham di-Indonesia yang bergerak dibidang industri kimia yaitu: TPIA (Chandra Asri Petrochemical Tbk) yang memproduksi bahan dasar kimia yang dipakai sebagai bahan baku untuk industri lainnya, EKAD (Ekadharma International Tbk) yang memproduksi lakban, BUDI (Budi Starch & Sweetener Tbk) yang memproduksi kantong plastik, tepung tapioka, dan pemanis.

  1. Pertanian

Sektor pertanian di-Indonesia identik dengan industri kelapa sawit seperti AALI (Astra Agro Lestari), BWPT (Eagle High Plantations Tbk), dan LSIP (London Sumatra Indonesia). Namun sebenenarnya banyak juga perusahaan pertanian yang tidak bergerak di bidang kelapa sawit seperti BISI (Bisi International Tbk) yang memproduksi jagung dan benih buah/sayur/padi dan DSFI (Dharma Samudera Fishing Industries) yang memproduksi hasil laut seperti ikan tuna dan kakap.

  1. Elektronik & IT

Menempati urutan ketiga dan keempat adalah sektor yang lagi hot saat ini yaitu sektor elektronik & IT. Banyak saham disektor ini yang mungkin Anda sudah kenal seperti Bukalapak (BUKA) yang baru saja IPO 6 Agustus 2021 kemarin. Ada juga saham seperti MTDL (Metrodata Electronics) yang merupakan distributor komputer dan laptop di Indonesia.

  1. Pertambangan

Industri pertambangan masih merupakan industri yang diminati saat ini. Salah satu saham yang lumayan naik drastis sejak pandemi yaitu saham ANTM (Antam) dan MDKA (Merdeka Gold and Copper) yang bergerak dibidang penambangan emas. Selain penambangan emas ada juga tambang batubara seperti ADRO (Adaro) dan PTBA (Bukit Asam).

Kinerja 5 tahun terakhir tidak mencerminkan kinerja kedepan tetapi dapat dijadikan pertimbangan saat memilih saham. Tentunya sebelum membeli saham Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu fundamental saham tersebut. Anda bisa menggunakan fitur sahamee portfolio.